.

Kamis, 24 Mei 2012

KULINER SURABAYA

      Kota Surabaya yang di kenal sebagai Kota Pahlawan memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Namun, jangan sampai ketinggalan untuk menikmati wisata kulinernya juga yaa.. Ada beberapa referensi tempat makan favorite aku di kota Pahlawan ini, mari disimak............ ^_^



1. IGA penyet "LeKo"
 
       Menu satu ini adalah menu andalanku jika berkunjung ke Surabaya, pokoknya "harus" and "kudu" mampir ke tempat ini. Menu favoriteku tak lain dan tak bukan "Iga Penyet"nya plus "Tumis Kangkung"nya, pokoe "Maknyus Tenan" klo bahasa alaynyaa "hauce seping ping"... #hahaha
Lokasi : Ruko Surya Inti B-2, Jl HR. Mohammad,Surabaya. Surabaya Barat

2. Rujak Cingur



      Menu yang satu ini adalah makanan khas kota Surabaya. Makanan ini adalah perpaduan antara rujak buah : irisan nanas,timun,bengkoang&kedondong yang menyatu dengan sayuran,tahu,tempe&lontong dengan disiram bumbu petis khas jawa timur serta tak ketinggalan cingur'nya itu loh guys. Cingur adalah bibir sapi alias moncong sapi.
Lokasi : Jalan Dukuh Kupang. (tepatnya disamping kantor TVRI Surabaya)

3. Rawon "Kalkulator"


       Rawon memang merupakan makanan khas jawa timur, lebih terkenalnya sih rawon khas madiun. Cuman di Surabaya ada nama warung tenda yang cukup unik dengan sebutan rawon kalkulator. Kenapa disebut begitu?? karna cara karyawannya menghitung total harga pesanan dengan cepat seperti kalkulator. Rupanya semua karyawannya sudah ditraining untuk menghitung secara cepat pesanan, dikursusin sempoa kali yeeyy :D. Untuk rasa,yahh lumayanlaa... karna rasa itu relatif, kalo bagi aku sih biasa aja.
Lokasi : Jalan progo, Taman Bungkul. Surabaya Pusat

4. Pecel "Bu Kus"


      Makan pecel di tempat yang nyaman, sejuk dan bersih ya di depot Pecel "Bu Kus". Ada cukup banyak makanan tradisonal tersaji disini, dari tahu&tempe bacem, perkedel jagung, urap sampai dengan minuman tradisional seperti beras kencur, kunir asem juga tersaji disini. Menu yang aku pesan di depot ini adalah nasi pecel, urap, beras kencur dan es jeruk. Rasa ya lumayaaan, kembali lagi, karna rasa itu Re-La-Tif :) tergantung selera.
Lokasi : Jalan Baratajaya XX/110, Surabaya.
sumber : http://ayiegalery.blogspot.com/2012/04/kuliner-surabaya.html#!/2012/04/kuliner-surabaya.html

1 komentar: